situs purbakala yang ditemukan di Bumiayu dan Tonjong

Sumber : PanturaPost.COM

BREBES, Panturapost – Ahli fosil dari Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta Sofwan Nurwidi menyatakan, situs purbakala yang ditemukan di Bumiayu dan Tonjong (Buton), Kabupaten Brebes, merupakan yang paling tua di Jawa Tengah. Lebih tua dibanding situs purbakala Sangiran di Sragen, Semedo di Tegal, dan Patiayam di Kudus.

"Untuk Jawa Tengah paling tua memang di Brebes. Karena sejarah pengangkatan pulau Jawa itu dari barat. Jadi pulau makin ke timur itu makin miring turun. Wajar jika wilayah Jawa Tengah bagian barat menjadi paling tua,”kata Sofwan Rabu, 5 Oktober 2016. Menurut arkeolog yang menginventarisir fosil di situs purbakala Buton ini, fauna sinomastodon atau gajah purba yang ditemukan di Sungai Glagah, Kecamatan Tonjong itu merupakan salah satu fauna pertama yang mengkoloni pulau Jawa. Hewan purba itu usianya sudah lebih dari 1,5 juta tahun.

Karena itu, penemuan ribuan fosil hewan purba di Brebes bisa menjadi awal untuk mendirikan sebuah museum. Menurut dia, pembangunan museum di sana sangat memungkinkan, karena sudah memenuhi syarat.

Harus ada penelitian yang mendalam. Karena museum itu bukan hanya membangun gedung, tapi juga membangun institusi. Kalau dilihat dari fosil yang ditemukan sudah memenuhi syarat,” katanya. Ribuan fosil yang saat ini sudah terkumpul, kata dia, membutuhkan tempat yang layak. Dari sisi keamanan, penyimpanan benda bersejarah di dalam garasi, sangat tidak memenuhi syarat. Peran pemerintah daerah sangat penting, karena mereka lah yang memiliki kawasan itu.

"Itu kan benda yang dilindungi oleh negara, harusnya negara bertanggungjawab untuk mengamankan benda itu,” kata dia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "situs purbakala yang ditemukan di Bumiayu dan Tonjong"

Posting Komentar

Komentar Yang Anda Kirim Mencerminkan Kepribadian Anda, komentar yang tidak sesuai dengan postingan ini akan saya hapus.